TUGAS ASSEMEN PEMBELAJARAN SD
ESTI PRATIWI W ( 292009181)
ANDREAS SUGIYARTO ( 292009183)
ANI UTARI ( 292009192)
DWI LESTARI ( 292009193)
EVI IRMA KRISTANTI ( 292009206)
PEMERINTAH KOTA SALATIGA
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
UPT DISDIKPORA KECAMATAN TINGKIR
SEKOLAH DASAR NEGERI SALATIGA 01
SEKOLAH DASAR NEGERI SALATIGA 01
Jln. Diponegoro No.13 Salatiga Telp. ( 0298 ) 324246
KARTU SOAL
TES AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN AJARAN 2010/2011
Mata Pelajaran : PKn
Jumlah Soal : 25
Bentuk Soal :Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian :Tertulis
Kompetensi yang di uji | : | Mengenal pemerintahan tingkat pusat |
Indikator | : | Mengindentifikasi lembaga-lembaga tingkat pusat |
No.Soal | : | 1 |
Butir Soal | : | Berikut ini yang termasuk lembaga – lembaga pemerintahan tingkat pusat anatara lain …….. a. MPR,DPR,MA b. MA,BPK,Presiden c. Wakil priseden,MK,DPR d. MPR,MA,DPD |
Kunci | : | A |
Kompetensi yang di uji | : | Mengenal pemerintahan tingkat pusat |
Indikator | : | Mengindentifikasi lembaga-lembaga tingkat pusat |
No.Soal | : | 2 |
Butir Soal | : | BPK kependekan dari.... a. Badan Penilik Keuangan b. Badan penyidik Keuangan c. Badan Pemeriksa Keuangan d. Badan Pengelola Keuangan |
Kunci | : | C |
Kompetensi yang di uji | : | Mengenal pemerintahan tingkat pusat |
Indikator | : | Mengindentifikasi lembaga-lembaga tingkat pusat |
No.Soal | : | 3 |
Butir Soal | : | Badan yang melaksanakan kekuasaan kehakiman adalah.... a. DPR b. MPR c. Presiden d. MA |
Kunci | : | D |
Kompetensi yang di uji | : | Mengenal pemerintahan tingkat pusat |
Indikator | : | Mengindentifikasi lembaga-lembaga tingkat pusat |
No.Soal | : | 4 |
Butir Soal | : | Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, dan Mahkamah Konstitusi merupakan lembaga..... a. Eksekutif b. Legislatif c. Kekuasaan d. Yudikatif |
Kunci | : | D |
Kompetensi yang di uji | : | Mengenal pemerintahan tingkat pusat |
Indikator | : | Mengindentifikasi lembaga-lembaga tingkat pusat |
No.Soal | : | 5 |
Butir Soal | : | Tugas presiden sebagai kepala eksekutif adalah.... a. Memberikan tugas kepada menteri b. Memegang kekuasaan pemerintahan c. Dibantu oleh satu orang presiden d. Mengajukan rancangan undang-undang |
Kunci | : | B |
Kompetensi yang di uji | : | menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
Indikator | : | Siswa menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
No.Soal | : | 6 |
Butir Soal | : | Kewenangan presiden dalam hubungan dengan legislatif adalah.... a. Memimpin negara b. Memimpin pemerintahan c. Memberikan tugas kepada wakil presiden d. Mengajukan rancangan undang-undang kepada DPR |
Kunci | : | D |
Kompetensi yang di uji | : | Menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
Indikator | : | Siswa menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
No.Soal | : | 7 |
Butir Soal | : | Dalam melaksakan tugasnya, presiden bertanggungjawab kepada... a. MA b. MPR c. Komisi Yudisial d. DPR dan DPD |
Kunci | : | B |
Kompetensi yang di uji | : | Menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
Indikator | : | Siswa menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
No.Soal | : | 8 |
Butir Soal | : | MPR bertugas mengawasi.... a. Penyelenggaraan pemerintahan provinsi b. Pelaksanaan Presiden dan wakil presiden c. Penyelenggaraan pemerintah kabupaten /kota d. Penyelenggaraan kepemimpinan |
Kunci | : | B |
Kompetensi yang di uji | : | Menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
Indikator | : | Siswa menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
No.Soal | : | 9 |
Butir Soal | : | Badan yang bertugas memeriksa keuangan negara adalah.... a. MA b. MK c. KY d. BPK |
Kunci | : | D |
Kompetensi yang di uji | : | Menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
Indikator | : | Siswa menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
No.Soal | : | 10 |
Butir Soal | : | Memberikan pertimbangan secara tertulis kepada DPR dalam pemilihan anggota Badan Pemiriksa Keuangan adalah tugas dari..... a. DPD b. DPR c. MPR d. Wakil Presiden |
Kunci | : | A |
Kompetensi yang di uji | : | Menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
Indikator | : | Siswa menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat |
No.Soal | : | 11 |
Butir Soal | : | Badan Independen yang bertugas menyelenggarakan pemilu adalah.... a. KPPU b. KPU c. KPK d. KPI |
Kunci | : | B |
Kompetensi yang di uji | : | Lembaga yang mengangkat dan memberhentikan menteri. |
Indikator | : | Menyebutkan lembaga yang mengangkat dan memberhentikan menteri. |
No.Soal | : | 12 |
Butir Soal | : | Ketua Mahkamah Agung diangkat oleh.... a. Anggota Kabinet b. Presiden atas usulan DPR c. MPR atas usulan presiden d. Anggota Hakim Agung |
Kunci | : | B |
Kompetensi yang di uji | : | Lembaga yang mengangkat dan memberhentikan menteri. |
Indikator | : | Menyebutkan lembaga yang mengangkat dan memberhentikan menteri. |
No.Soal | : | 13 |
Butir Soal | : | Menteri yang tidak mempunyai departemen adalah..... a. Sektretaris negara b. Menteri sekretaris kabinet c. Menteri negara d. Menteri ad interim |
Kunci | : | D |
Kompetensi yang di uji | : | Nama departemen dalam kementrian |
Indikator | : | Menyebutkan nama departemen dalam kementerian. |
No.Soal | : | 14 |
Butir Soal | : | Lembaga pemerintah non Departemen yang bertugas memantau dan memberikan informasi mengenai cuaca adalah.... a. Badan Pusat Statisik. b. Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional. c. Badan Meteorologi dan Geofisika. d. Badan Pertahanan Nasional |
Kunci | : | C |
Kompetensi yang di uji | : | Tugas menteri dan departemen sebagai pembantu presiden |
Indikator | : | Menyebutkan tugas menteri dan departemen sebagai pembantu presiden |
No.Soal | : | 15 |
Butir Soal | : | Di bawah ini yang termasuk nama departemen dalam kabinet indonesia bersatu adalah.... a. Departemen Agama b. Departemen Sosial budaya c. Departemen kemiskinan d. Departemen keadilan |
Kunci | : | A |
Kompetensi yang di uji | : | Tugas menteri dan departemen sebagai pembantu presiden |
Indikator | : | Menyebutkan tugas menteri dan departemen sebagai pembantu presiden |
No.Soal | : | 16 |
Butir Soal | : | Pembantu presiden sebagai kepala pemerintahan adalah..... a. Rakyat b. MPR dan DPR c. Menteri anggota kabinet d. MPR, DPR dan DPD |
Kunci | : | C |
Kompetensi yang di uji | : | Contoh Globalisasi di lingkungan sekitar |
Indikator | : | Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar. |
No.Soal | : | 17 |
Butir Soal | : | Nama produk makanan yang berasal dari luar negeri adalah.. a. Tape ketan,udon b. Pizza, spaghetti c. Hamburger, tape ketan d. Keripik pisang, balado |
Kunci | : | B |
Kompetensi yang di uji | : | Contoh Globalisasi di lingkungan sekitar |
Indikator | : | Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar. |
No.Soal | : | 18 |
Butir Soal | : | Tarian yang masuk ke Indonesia akibat pengaruh Globalisasi adalah ..... a. Pendet b. Waltz c. Jaipong d. Kecak |
Kunci | : | B |
Kompetensi yang di uji | : | Contoh Globalisasi di lingkungan sekitar |
Indikator | : | Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar. |
No.Soal | : | 19 |
Butir Soal | : | Di bawah ini yang merupakan permainan yang terpengaruh oleh Globalisasi adalah ............ a. Benteng b. Petak Umpet c. Playstation d. Congklak |
Kunci | : | C |
Kompetensi yang di uji | : | Pengaruh positif dan negatif dari Globalisasi |
Indikator | : | Menyebutkan pengaruh positif dan negatif globalisasi di masyarakat |
No.Soal | : | 20 |
Butir Soal | : | Pengaruh positif adanya Globalisasi adalah ............ a. Informasi lebih cepat b. Kebutuhan masyarakat sulit didapat c. Budaya konsumtif d. Budaya permitif |
Kunci | : | A |
Kompetensi yang di uji | : | Pengaruh positif dan negatif dari Globalisasi |
Indikator | : | Menyebutkan pengaruh positif dan negatif globalisasi di masyarakat |
No.Soal | : | 21 |
Butir Soal | : | Guna menghadapi arus negatif Globalisasi, kita harus berpegang teguh pada ........ a. Nilai pancasila dan nilai sosial b. Nilai pancasila dan kebudayaan c. Nilai pancasila dan nilai agama d. Nilai kebudayaan dan nilai sosial |
Kunci | : | C |
Kompetensi yang di uji | : | Budaya yang pernah di tampilkan di luar negeri |
Indikator | : | Mengidentifikasi budaya daerah yang ditampilkan ke luar negeri |
No.Soal | : | 22 |
Butir Soal | : | Kebudayaan yang pernah ditampilkan keluar negeri adalah .. a. Wayang kulit, Tari sudati, Tari kecak b. Karate, Jaipong, Ludruk c. Gulat, Gambyong, Reog ponorogo d. Lilin, Kuda Lumping, Tari piring |
Kunci | : | A |
Kompetensi yang di uji | : | Mengidentifikasi jenis budaya di Indonesia |
Indikator | : | Menyebutkan budaya daerah di Indonesia |
No.Soal | : | 23 |
Butir Soal | : | Berikut adalah jenis-jenis budaya Indonesia : 1. Tari Jaipong 2. Gitar 3. Tari Samba 4. Tari Tango 5. Barongsai 6. Wayang Kulit 7. Tari Salsa 8. Angklung Yang termasuk budaya asli Indonesia adalah ....... a. 1, 2, 3 b. 1, 6, 8 c. 3, 4, 7 d. 4, 5, 6 |
Kunci | : | B |
Kompetensi yang di uji | : | Globalisasi dan pengaruhnya terhadap sikap dan perilaku masyarakt indonesia. |
Indikator | : | Mengindentifikasi sikap dan perilaku masyarakat Indonesia. |
No.Soal | : | 24 |
Butir Soal | : | Mengapa bangsa Indonesia memilah setiap budaya asing yang masuk ke Indonesia .............. a. Karena semua kebudayaan asing bertentangan dengan pancasila b. Karena kebudayaan asing tidak ada manfaatnya bagi Indonesia c. Karena kebudayaan asing hanya membuat orang Indonesia jadi pemalas. d. Karena dengan memilih kebudayaan asing dapat kita gunakan untuk memperbaiki kekurangan kita dan mendorong kemajuan bangsa kita. |
Kunci | : | D |
Kompetensi yang di uji | : | Globalisasi dan pengaruhnya terhadap sikap dan perilaku masyarakat indonesia. |
Indikator | : | Mengindentifikasi sikap dan perilaku masyarakat Indonesia. |
No.Soal | : | 25 |
Butir Soal | : | Bagaimana sebaiknya sikap dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap pengaruh Globalisasi ............. a. Mencontoh semua kebiasaan bangsa asing b. Menolak mentah-mentah semua produk luar negeri c. Menyaring kebudayaan luar negeri dengan dengan nilai-nilai pancasila. d. Anti terhadap terhadap orang asing. |
Kunci | : | C |
Mata Pelajaran : PKn
Jumlah Soal : 5
Bentuk Soal : Isian Singkat
Bentuk Penilaian : Tertulis
Kompetensi yang di uji | : | Lembaga yang mengangkat dan memperhentikan menteri. |
Indikator | : | Menyebutkan lembaga yang mengangkat dan memperhentikan menteri. |
No.Soal | : | 1 |
Butir Soal | : | Lembaga apa yang berwenang mengangkat dan memperhentikan menteri ........... |
Kunci | : | Lembaga Eksekutif |
Kompetensi yang di uji | : | Tugas menteri dan departemen pembantu presiden |
Indikator | : | Menyebutkan tugas menteri dan departemen sebagai pembantu presiden. |
No.Soal | : | 2 |
Butir Soal | : | Mengkoordinasikan penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang tertentu dalam kegiatan pemerintahan negara adalah tugas dari kementrian....... |
Kunci | : | Koordinator |
Kompetensi yang di uji | : | Pengertian globalisasi | |
Indikator | : | Menjelaskan pengertian globalisasi. | |
No.Soal | : | 3 | |
Butir Soal | : | Kata globalisasi berasal dari kata.....yang artinya..... | |
Kunci | : | Global yang berarti meliputi seluruh dunia/Universal | |
Kompetensi yang di uji | : | Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya | |
Indikator | : | Menyebutkan pengaruh positif dan negatif globalisasi di masyarakat | |
No.Soal | : | 4 | |
Butir Soal | : | Jenis kejahatan yang lebih canggih melalui Internet, merupakan dampak negatif globalisasi dibidang..... | |
Kunci | : | Media massa |
Kompetensi yang di uji | : | Menyebutkan salah satu budaya daerah |
Indikator | : | Mengidentifikasi jenis budaya daerah |
No.Soal | : | 5 |
Butir Soal | : | Rumah Gadang berasal dari...... |
Kunci | : | Padang |
Mata Pelajaran : PKn
Jumlah Soal : 5
Bentuk Soal : Uraian
Bentuk Penilaian : Tertulis
Kompetensi yang di uji | : | Mengetahui lembaga-lembaga pusat di Indonesia | ||||||||||||||||||||||||
Indikator | : | Membuat bagan tentang lembaga pusat di Indonesia | ||||||||||||||||||||||||
No.Soal | : | 1 | ||||||||||||||||||||||||
Butir Soal | : | Buatlah bagan lembaga pusat di Indonesia ! | ||||||||||||||||||||||||
Kunci | : | Lembaga-lembaga di Negara RI
|
Kompetensi yang di uji | : | Mengetahui organisasi pemerintahan tingkat pusat |
Indikator | : | Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat |
No.Soal | : | 2 |
Butir Soal | : | Sebutkan 3 (tiga) pemerintahan tingkat pusat ! |
Kunci | : | Presiden, wakil presiden dan para menteri. |
Kompetensi yang di uji | : | Menjelaskan tugas dan wewenang pemerintah pusat. |
Indikator | : | Menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat. |
No.Soal | : | 3 |
Butir Soal | : | Sebutkan 3(tiga) tugas dan wewenang DPR ! |
Kunci | : | a. Membentuk Undang-undang b. Membahas RUU bersama presiden c. Membahas RAPBN presiden d. Memberikan pertimbangan pada presiden untuk mengangkat, menerima dan menempatkan duta negara lain, juga pemberian amnesti dan abolisi. e. Memberikan persetujuan kepada presiden untuk menyatakan perang dan membuat perdamaian. f. Menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. |
Kompetensi yang di uji | : | Pengaruh positif dan negatif globalisasi di masyarakat. |
Indikator | : | Menyebutkan pengaruh positif dan negatif globalisasi di masyarakat. |
No.Soal | : | 4 |
Butir Soal | : | Sebutkan masing-masing 2 (dua) dampak positif dan negatif Dari globalisasi ! |
Kunci | : | Dampak negatif misal : v Orang menjadi sangat individualis. v Masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa. v Budaya konsumtif Dampak positif misal : v Tidak gaptek v Mempercepat mudahnya berkomunikasi v Mencontoh sikap positif masyarakat luar negeri |
Kompetensi yang di uji | : | Menentukan sikap terhadap budaya asing yang masuk ke Indonesia. |
Indikator | : | Mengindentifikasi sikap dan perilaku masyarakat Indonesia. |
No.Soal | : | 5 |
Butir Soal | : | Bagaimana sikap kita terhadap budaya asing yang masuk ke Indonesia? |
Kunci | : | Sebaiknya bersikap selektif terhadap budaya asing yang masuk. |
KISI-KISI SOAL AKHIR SEMESTER GASAL
PKn Tahun 2010-2011
NO. | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | INDIKATOR | BENTUK Soal | NO. SOAL |
1. | Mengenal Pemerintahan Tingkat Pusat | Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan Pemerintahan tingkat pusat seperti : MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK | Lembaga Pendidikan Tingkat Pusat. | · Siswa mengidentifikasi lembaga- lembaga tingkat pusat · Siswa menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat. · Menggambar bagan tentang lembaga pemerintahan pusat di | Pilihan ganda Uraian Pilihan ganda Uraian | 1, 2, 3, 4, 5 3 6,7,8,9,10, 11 1 |
2. | Menyebutkan organisasi pemerintah dan tingkat pusat seperti : presiden, wakil presiden dan para menteri. | Struktur organisasi pemerintahan tingkat pusat | · Menyebutkan lembaga yang mengangkat dan memberhentikan menteri. · Menyebutkan nama departemen dalam kementerian. · Menyebutkan tugas menteri dan departemen sebagai pembantu presiden · Menyebutkanorganisasi pemerintahan tingkat pusat. | Isian Pilihan ganda Pilihan ganda Isian singkat Pilihan ganda Uraian | 1 12, 13 14 2 15, 16 2 | |
3. | Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya | Memberikan contoh sedehana pengaruh globalisasi di lingkunganya | Globalisasi | · Menjelaskan pengertian globalisasi · Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar. · Menyebutkan pengaruh positif dan negatif globalisasi di masyarakat. | Isian singkat Pilihan ganda Pilihan ganda Uraian | 3 17, 18, 19 20, 21 4 |
4. | Mengidentifikasi jenis budaya | Jenis-jenis budaya Budaya | · Menyebutkan jenis budaya daerah · Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar · Mengidentifikasi budaya daerah yang ditampilkan ke luar negeri | Pilihan ganda Pilihan ganda Isian singkat | 22 23 5 | |
5 | Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya | Globalisasi dan pengaruhnya terhadap sikap dan perilaku masyarakat | Mengindentifikasi sikap dan perilaku masyarakat | Uraian Pilihan ganda | 4 24, 25 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar